Apa arti nama Ruth Melisa Darmawan?

Hey guys…Selamat datang di blog gw. Setelah lama menunda membuat blog, akhirnya gw memantapkan hati untuk membuat blog. Blog ini sebenarnya adalah syarat mengerjakan tugas mata kuliah Creativity and Innovation di semester terakhir kuliah di SBM-ITB. Semoga blog ini dapat mempertajam keahlian gw mengutarakan kata-kata buat nemenin ngerjain skripsi di tingkat akhir ini..hehehe.

Oke kita mulai dengan perkenalan diri. Nama gw adalah Ruth Melisa Darmawan. Menurut gw, nama adalah pemberian yang paling berharga dari orang tua bagi seorang anak. Sebagai anak, kita harus tahu apa arti nama kita sendiri karena nama yang diberikan orang tua biasanya mengandung harapan-harapan orang tua akan anaknya kelak. Dengan begitu ayoo cari tau arti nama kita masing-masing sehingga kita bisa membahagiakan orang tua kita dengan mengabulkan impian-impian dan harapan orang tua kita.

Sewaktu kecil dulu (kira-kira kelas 2 SD), gw pernah nanya ke mama, “Mah, arti namaku apa sih?” Dan mama menjawab sambil nyuapin buah ke mulut gw, “Jadi gini, Ruth itu nama baptis yang mama ambil dari Alkitab, Ruth itu istimewa karena dia menjadi salah satu ayat dalam Alkitab, tentu bukan orang biasa yang namanya dijadikan salah satu ayat di Alkitab.” Dan mama akhirnya menceritakan panjang lebar tentang siapa itu Ruth dan kisah hidupnya. Dari situ mama mengambil kesimpulan tentang hal yang teramat istimewa dari seorang Ruth, ia adalah orang yang setia, tekun, dan disayang mertua. Saat mendengar hal ini gw hanya tertawa sendiri, dalam benak anak umur 7 tahun, kata disayang mertua adalah hal yang aneh karena belum terbayangkan apa itu mertua dan mempunyai sepasang mertua. Tapi setelah berjalannya waktu dan pengalaman menikah selama hampir 4 tahun ini, arti nama Ruth yang diberikan oleh orang tua gw amat sangat berarti. Doa yang diberikan mama dan papa lewat nama Ruth ini memberikan berkat dalam hidup gw. Gw mendapat mertua yang bukan hanya menganggap gw sebagai anak mantu, tp seorang anak buat mereka. Yang sangat diperhatikan, yang disayang, menjadi tempat curhat, yang ditegur seperti anaknya sendiri, dan dimanja seperti anaknya sendiri. Trima Kasih ya Tuhan Yesus karena Kau memberikan  sepasang mertua yang begitu baik….

Kita beranjak ke kata kedua nama gw yaitu “Melisa”. Waktu mama cerita darimana mama dapet inspirasi nama itu, gw cuma bisa tertawa. Waktu mama hamil dulu, mama sudah berpikir langsung kalau anaknya perempuan, nama anaknya bakal Melisa, mengapa begitu??? Simpel tapi kocak jawabannya, menurut pengalaman mama 29 tahun, semua orang bernama Melisa yang mama kenal disekitar mama selalu cantik. Kata mama, dari semua teman mama di SD, SMP, SMA, kuliah, sampai kerja, semua orang dengan nama Melisa selalu cantik. Yang lebih menguatkan persepsi mama tentang nama Melisa adalah kemungkinan memanggil anaknya dengan nama “Meli”. Menurut survey yang dilakukan mama (lebay juga haha), semua orang yang mama temui bernama pendek “Meli” selalu menjadi anak perempuan tercantik diantara saudara-saudaranya. Jadi ya intinya mama berharap apabila anaknya perempuan, ia akan tumbuh menjadi gadis yang cantik. Dan ternyata harapannya terkabul…hehehe…tapi menurut gw cantik itu relatif..yang terpenting gw selalu dianggap cantik oleh suami, anak-anak, ortu dan mertua hehehe. Cantik juga bukan soal fisik buat gw, itu lebih ke kecerdasan, kemampuan menghadapi masalah, mengatasi masalah, dan menyelesaikan masalah itu. Kecantikan adalah kecerdasan hati, pikiran, dan emosi.

Oh ya, tapi kalau dilihat di kamus nama-nama bayi, hampir semua situs menyebutkan arti nama Melissa adalah lebah madu atau honey bee. Saya bingung sebenarnya menanggapi hal itu tapi mungkin intisari nama Melissa adalah orangnya manis.. hehe. Dan menurut saya nama Melisa itu memang pas buat saya.

Kata terakhir nama gw adalah “Darmawan”. Nah kalau ini sudah dipastikan diambil dari nama papa gw. Papa juga bingung apa arti nama tersebut, tapi mungkin ini adalah transformasi dari kata “dermawan”. 

Oh ya satu hal yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan nama saya tapi aneh tapi nyata bagi hidup saya. Dahulu sewaktu mama bercerita tentang apabila anak dalam kandungannya berjenis kelamin perempuan maka ia akan memberi nama “Melisa”, sewaktu itu saya tidak bertanya apa nama yang akan disematkan apabila anaknya laki-laki. Pagi hari di tahun 2011, mama membongkar lemari pakaian nenek saya yang sudah meninggal pada tahun 2002. Mama berniat memberesi pakaian-pakaian nenek untuk disumbangkan ke korban bencana merapi 2011 silam. Mama menemukan suatu kotak yang setelah dibuka berisikan surat-surat yang mama kirimkan ke nenek saat mama sedang hamil di jakarta dan nenek sedang di jogja merawat kakek yang sakit stroke. Mama memang rajin mengirimi surat kepada nenek disela-sela istirahat kantor. Disalah satu surat yang mama kirimkan ke nenek kira-kira 24 tahun silam, mama sempat menulis bahwa apabila anak dalam kandungannya perempuan, akan dinamai Melisa. Dan apabila anak dalam kandungannya lelaki, maka akan dinamai Yonathan. Segera setelah mama membaca kembali surat yang ditulisnya itu, mama menelpon gw, dia menceritakan perihal nama Yonathan. Saya hanya bisa tertawa dengan pernyataan mama itu, karena status gw saat itu, gw sudah menikah selama 3 tahun dengan pria bernama Yonathan Adiputra Susanto. Mama hanya memiliki satu anak perempuan bernama Melisa, tapi Tuhan juga memberika satu anak (anak ketemu gede alias menantu) bernama Yonathan. Aneh tapi nyata ya…hehehe

Sekian perkenalan diri saya..semoga dengan ini, kita bisa mengenal arti nama indah yang diberikan oleh orang tua kita..Mari kita mencari dan menemukan arti nama kita..serta mewujudkan impian dan doa orang tua kita lewat arti nama kita…

 

God bless u…Image

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s